ESSAY CCIP 2017-2018

Essay Penulis Th. 2016
Dokumen Pribadi

Assalamu'alaikum,

Sesuai janji saya di blog sebelumnya, saya mau bahas soal pengisian essay CCIP tahun 2017-2018. Oleh karena itu, pada blog kali ini saya mau bahas secara detail (harapannya sih:) soal maksud esssay dan cara mengisi, tapi sekali lagi ini berdasarkan opini penulis dan mohon maaf saya tidak bisa share essay ke teman-teman semua karena itu adalah Plagiarism dan sangat dilarang di dunia pendidikan (ngeles berbobot ini:). Pada formulir CCIP 2017-2018 ada 8 pertanyaan (essay) dan saya yakin pertanyaannya hampir sama kek essay-essay beasiswa lainnya, jadi gua sarankan ambil source sebanyak-banyaknya dari penulis yang lain juga. Ok, mari kita bahas satu per satu:

1. Within your proposed of study, what do you want to study? Please describe in detail your specific concentration area of interest within your field of study!
(Dalam ilmu yang kamu ajukan, apa sih yang ingin kamu pelajari? tolong jelaskan secara detail?) 
        Kira-kira seperti itulah garis besarnya, jadi pada bagian ini teman-teman harus menjelaskan ilmu yang ingin teman-teman pelajari nantinya dan mengapa butuh ilmu itu. Seperti contoh saya yang waktu itu kerja di NGO (Non Government Organization) tepatnya di Panti Asuhan, saya jelasin bahwa saya apply Business Management and Administration dengan konsentrasi ilmu di Non Profit Leadership and Administration. Saya jelasin butuh ilmu itu karena di dalam program studi tersebut membahas soal Kepemimpinan NGO, Keuangan dan Cara Mengaturnya, Hukum dan Hak-Hak dan Kewajiban NGO, Manajemen Voluntir dan Wirausaha untuk NGO. Saya jelasin satu per satu mengapa saya butuh ilmu-ilmu tersebut.
        Jadi kalau boleh saya menyarankan, temen-temen mulai kepo soal jurusan atau program studi yang pingin temen-temen ambil, mata kuliah apa aja yang akan kita dapat kalau ambil ilmu itu, ini akan membuat temen-temen lebih punya pandangan. Bingung cara memulai kan ya? sama saya juga dulu bingung cara memulai kata-katanya. Ok, saya kasih masukan:
"I propose (jurusan) as my field of study with concentration area in (program studi). As (jabatan kerja), I want to learn (ilmu yang ingin dipelajari) because (alasannya), dsb)"  

2. Please describe your related experience within this field of study. How would this program of study build on your past education, training and or experience? If you are new to this field, why did you choose this field?
(Tolong jelaskan pengalaman Anda terhadap program studi ini. Bagaimana sih program studi yang dipilih masih ada sangkut pautnya dengan pendidikan terdahulu, pelatihan dan pengalaman Anda? Jikalau program studi ini baru, mengapa memilih ini?)
        Yang intinya adalah "mengapa memilih program studi ini", berikanlah alasan yang kuat bahwa temen-temen sangat butuh ilmu ini. Kalau semisal udah bekerja, berikan alasan kenapa di dalam pekerjaan temen-temen ilmu ini dibutuhkan, semisal kek saya yang kerja di panti, saya jelasin tuh bahwa "di panti, saya melakukan ini, itu, dsb, karena ada problem-problem tersebut, saya butuh ilmu itu demi perbaikan, dan bla bla bla". Bagi yang pingin pindah jurusan (khususnya pelamar dari S1) jelaskan mengapa ilmu baru ini penting untuk pekerjaan saat ini, kalau saya sendiri, perpindahan dari Administrasi Bisnis ke Manajemen NGO tidak terlalu jauh. Saya menjabarkan bahwa di panti, saya melakukan pekerjaan yang sebelumnya belum pernah diajarkan di sekolah formal dan saya butuh teori dan syukur-syukur praktek agar pekerjaan saya kedepannya bisa lebih professional.
        Saya juga menjelaskan aktivitas saya di kampus tetapi yang masih tergolong ke jurusan ini dan tentunya yang berhubungan dengan sosial. Gua bantu cara menyusun kalimatnya:
"Right now, I am working as ......... I am responsible for/My jobs are ...... My previous education is ...... Indeed, it helps me a lot at my current job but.......... On (day) I also dedicate myself to .......)

3. Please describe your future professional and personal goals. How would CCI Program help you to achieve these goals?
(Tolong jelaskan tujuan kamu baik secara profesional (profesi) dan pribadi. Bagaimana program CCI dapat membantu meraih tujuan-tujuanmu?)
        Di sini  temen-temen harus menjelaskan tujuan-tujuan temen-temen ke depan. Tujuan dalam hal pekerjaan dan pribadi. Contohnya saya, tujuan ikut beasiswa ini karena ingin lebih profesional dalam menjalankan pekerjaan saya sebagai social worker dan saya jelaskan juga maksud dari profesional itu.  Saya juga menyampaikan bahwa saya pengen sistem pengajaran yang saya pakai saat ini lebih efektif penyampaiannya ke anak-anak. Secara personal, saya juga menyampaikan bahwa saya pingin meningkatkan bahasa inggris saya yang masih belepotan.
        Bagaimana bisa CCI bisa merealisasikan itu semua? Ya balik lagi dengan program-program yang mereka tawarkan seperti pelatihan bahasa Inggris, pelatihan kepemimpinan, volunteer, dan lain-lain. Saya juga menjelaskan kenapa dengan program-program itu bisa membantu merealisasikan tujuan-tujuan saya. 
        *Secret (Jadi ga secret berarti soalnya udah share:), Saya sampaikan juga bahwa saya pingin mendirikan American Corner atau English Corner, dengan tujuan untuk mempererat hubungan kedua negara mengingat selama ini banyak prasangka buruk soal Amerika dari orang-orang Indonesia. Saya juga Saya juga ingin menjadi duta Indonesia di Amerika untuk mengenalkan lebih jauh tentang Indonesia.

4. Please describe a problem or challenging situation in your educational, professional or personal life and describe how you resolved it and what you learned from this situation?
(Tolong jelaskan masalah atau situasi yang susah di dalam hidup, pendidikan atau pekerjaanmu dan juga jelaskanlah bagaimana kamu mengatasinya? dan juga apa yang bisa dimabil pelajaran dari masalah ini!)
        Dalam hal ini yang dinilai bukan seberapa besar masalah atau susahnya hidup, tapi lebih ke probelm solving yaitu bagaimana mengatasi masalah tersebut. Pokonya cari aja masalah yang temen-temen paling kreatif dalam menemukan jalan keluarnya. Kalo bagian yang ini gua tidak bisa share karena terlalu tragis, ha ha. Alias ga kuat ngetik takut keinget lagi masalah itu. Bahaha, padahal males ngetiknya :)
Untuk amanat ceritanya saya memulai dengan, "The lesson is .........." dengan quote huruf tebal.

5. If you participate in this program, how do you think your contribution to your community will be different in five years?
(Jika kamu kepilih, apa kontribusi yang bisa kamu berikan untuk komunitasmu dan hal tersebut bisa mengubah situasi saat ini dalam waktu lima tahun ke depan?)
        Yang intinya adalah apa kontribusi yang bisa kamu berikan untuk perubahan? Jangan terlalu stuck dengan komunitas, komunitas bukan berarti harus masyarakat umum, tapi bisa juga keluarga, lingkungan kerja, intinya membawa perubahan untuk orang lain. Sampaikan saja dan yakinkanlah bahwa dirimu akan membawa perubahan yang baik untuk communitymu dengan tujuan-tujuan yang sudah kamu sebutkan sebelumnya, intinya bahwa essay saling berkesinambungan satu sama lain.

6. What part of US culture are you eager to experience? Why?
(Apa budaya Amerika yang ingin kamu cicipi?)
        "Cicipi" hadeh itu apaan? makanan emang dicicipin? intinya yang ingin kamu experience atau alami. Untuk yang ini simpel tapi selalu membuat keraguan. Yang intinya apa US culture yang menarik hati temen-temen dan mengapa? Eksplore jauh soal Amerika sehingga temen-temen punya pandangan yang lebih luas, bukan yang selama ini kita lihat di Tipi-tipi doang. Karena enggak semua yang di TV itu benar tapi ada benarnya juga sih. Pye sih? Gimana sih?

7. What would you like to share about your country and its culture with the people you meet who may have limited knowledge about it?
(Apa yang ingin temen-temen ceritakan soal Indonesia dan budayanya?)
        Yang ini juga bikin galau soalnya Indonesia itu Wow, sumpah deh saya waktu itu bingung mau promosi yang mana. Awal-awal sih mungkin kek orang awam ya saya jawabnya, kek mau mempromosikan soal Bali, dan kawan-kawannya. Justru yang ini salah temen-temen, ga salah sih tapi terlalu mainstream. Karena Bali udah terkenal kenapa musti dipromosiin. Yang dipromosikan itu justru yang unik dan orang-orang belum tahu soal itu dan kalau bisa itu asli dari daerah kalian. Ga harus soal wisata kok, bisa jadi permaian tradisional, kebiasaan unik masyarakat, dll.
Ok, intinya jangan yang Mainstram!

8. What do you think will be most challenging for you about being away from your home for a year and living in shared housing with diverse, multinational participants? What steps will you take to overcome these difficulties?
(Apa hal yang paling berat jika pergi jauh dari kampung halaman dan tinggal dengan orang-orang dari  latar belakang yang berbeda-beda, Apa langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi masalah ini?)
        Paling jawaban umum orang ya Culture shock dan Homesick, apa lagi? he he. Kalau ada ide bagus silahkan tambahkan atau bisa jadi ada hal  lain selain itu silahkan disampaikan dan juga jangan lupa cara mengatasi masalah tersebut. Cara mengatasinya? Saya sampaikan akan ikut banyak kegiatan baik pribadi, program atau kampus, kalau udah tingkat parah ya telpon atau  message mereka, kan sekarang udah banyak tuh sosmed yang gratis. he he. Kalau soal Culture Shock saya sampaikan bahwa saya akan selalu open-minded dan jadi orang yang selalu Easy-going.

Nb: Ketika semua sudah jadi, jangan langsung submit, baca ulang dan minta lah banyak orang yang temen-temen anggap lebih untuk direview, sehingga tulisan-tulisan lebih diterima.

-Semoga Bermanfaat-

Wassalamu'alaikum salam,    


2 comments:

  1. Ka, pertanyaannya tiap tahun berubah ya? dan apakah interviewnya nanti bisa aja beda jauh dari essay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan berubah, tapi tidak akan jauh. Wawancaranya tidak jauh dari essay yang sudah kita tulis. Mohon maaf ya balasnya telat ga karuan :)

      Hapus

 

Blogger news

About